IoT Pada Alat Kesehatan Tensimeter

Event Info

Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa tekanan darah tinggi adalah penyebab kematian utama dari berbagai kasus penyakit jantung yang terjadi. Hipertensi sering disebut sebagai silent killer, karena biasanya tidak menunjukkan gejala apa-apa, tapi bisa berujung fatal. Umumnya, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat memiliki tekanan darah normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg. Sampai saat ini, hipertensi masih merupakan tantangan besar di Indonesia. Betapa tidak, hipertensi merupakan kondisi yang sering ditemukan pada pelayanan kesehatan.

Tensimeter adalah alat yang di gunakan untuk mengukur tekanan darah. Tensimeter sering juga disebut sphygmomanometer (alat ukur tekanan darah). Ada 2 jenis tensimeter, yaitu tensimeter yang menggunakan air raksa dan tensimeter digital. Tetapi diluar negeri tensimeter jenis air raksa sudah dilarang penggunaannya karena bahaya dari air raksa yang jika pecah air raksanya akan terpapas oleh kulit atau saluran pernafasan. Walaupun demikian sampai saat ini di Indonesia sphygmomanometer air raksa masih menjadi standar para dokter untuk mengukur tekanan darah. Berbeda dengan tensimeter air raksa, tensimeter digital tidak memerlukan stetoskop sebagai alat bantu untuk mendengarkan tekanan sistolik dan diastolik. Tensimeter digital menggunakan sensor sebagai alat pendeteksinya.

Revolusi Internet of Things (IoT) telah menciptakan peluang-peluang baru yang belum pernah dibayangkan sebelumnya. Ide untuk menghubungkan semua peralatan elektronik dan sensor-sensor ke komputasi awam membuat banyak peluang aplikasi baru salah satunya adalah alat tes kesehatan.

Pada era serba modern ini, SAM Element penyedia platform IoT untuk menghubungkan produsen perangkat keras (Manufacturer) dengan pengembangan aplikasi (Application Developers). Tensimeter digital ini dapat di sambungkan dengan menggunakan smartphone yang dilengkapi internet melalui aplikasi yang telah kami reka khusus untuk alat ini. Alat ini dapat digunakan dengan mudah, tepat serta lebih canggih karena aplikasi yg terhubung akan dapat mengelola hasil tekanan darah serta dapat menyimpan data-data hasil tekanan darah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan emergency sistem, online info dan call dokter guna memudahkan pengguna serta dapat meningkatkan keamanan.

Dengan menghadirkan alat tekanan darah yang canggih serta modern ini kami yakin banyak masyarakat yang ingin menggunakan tensimeter online ini karena kecanggihan alat tes tekanan darah yang terhubung dengan adanya internet serta aplikasi yang sangat membantu. Dengan ini, SAM Element Indonesia hadir untuk merealisasikan impian para pengusaha atau mitra-mitra yang menjual alat kesehatan tensimeter digital untuk lebih mengembangkan produknya dengan teknologi internet yang dilengkapi dengan fitur-fitur menarik dan yang paling utamanya dapat menjadikan alat tensimeter offline menjadi online.

Dengan bermitra di SAM Element, maka pengembang dapat lebih focus pada pengembangan alat sehingga menghasilkan  sensor yang berkualitas, dapat diandalkan dengan waktu pengembangan yang jauh lebih cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *